Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penutupan

Untuk mengetahui cara membuat neraca saldo setelah penutupan maka anda perlu memahami langkah sebelumnya yaitu membuat jurnal penutup dimana telah dibahas pada tulisan sebelumnya. Jurnal penutup dilakukan untuk:
  1. Menutup semua rekening pendapatan dengan memindahkan saldo setiap rekekning pendapatan ke rekening ikshtisar laba rugi
  2. Menutup semua rekening beban dengan memindahkan saldo setiap rekening beban ke rekening iskhtisar laba rugi
  3. Menutup rekening ikhtisar laba rugi dengan memindahkan saldo rekekning tersebut ke rekening modal
  4. Menutup rekening prive dengan memindahkan saldo rekekning tersebut ke rekening modal.
Dengan adanya jurnal penutup ini maka akan diperoleh saldo untuk rekening nominal yaitu rekening pendapatan dan biaya adalah nol dan sekarang yang ada hanyalah saldo dari rekening-rekening riil yaitu akun aktiva, utang dan modal.
Setelah dilakukan jurnal penutup maka selanjutnya adalah membuat neraca saldo setelah penutupan untuk menguji kebenaran dan keseimbangan jumlah debet dan kredit rekening-rekening riil. Neraca saldo setelah penutupan yaitu suatu daftar yang berisi saldo-saldo rekening buku besar setelah perusahaan melakukan penutupan buku. Perlu diingat bahwa dalam neraca saldo setelah penutupan buku ini yang tercantum hanyalah rekening-rekening riil saja yaitu aktiva, utang dan modal. Karena setelah proses penutupan buku, untuk rekening-rekening nominal telah bersaldo nol.
Bentuk fisik neraca saldo sama dengan bentuk neraca saldo setelah penutupan, dimana ada terdapat kolom nama akun, kolom debit, dan kolom debit namun berbeda pada judul laporan neraca. Pada laporan neraca saldo, nama laporan adalah neraca saldo per periode tertentu sedangkan pada neraca saldo setelah penutupan dengan nama laporan neraca saldo setelah penutupan perperiode tertentu. Namun dalam cara membuat nya berbeda antara neraca saldo dan neraca saldo setelah penutupan.
Berikut contoh bentuk neraca saldo setelah penutupan:

Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penutupan

Demikianlah uraian mengenai cara membuat neraca saldo setelah penutupan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca tulisan ini ya.

Post a Comment